Edukasi Keaslian Uang, Bank Indonesia Gandeng Kampus Buka BI Corner

Selasa, 02 Januari 2018 - 13:42 WIB
Diposting oleh: perpustakaan - Kategori: Berita Terkini Perpus

Bank Indonesia (BI) sedang memberikan edukasi kesentralan dan keaslian uang rupiah. Mewujudkan itu, BI membuka beberapa BI Corner di berbagai wilayah di Indonesia. Di Malang, misalnya, BI menggandeng perguruan tinggi negeri/swasta.

Tim Advisory dan Badan Pengembang BI Malang, Jaka Setiawan mengatakan, sosialisasi pengenalan rupiah dilakukan kepada seluruh lapisan masyarakat. BI Corner menjadi pojok informasi bagi masyarajat agar mengenal tugas dan peran BI dalam ekonomi nasional.

“Rencananya BI Corner akan dibangun di 2000 lokasi di perpustakaan wilayah nusantara. Di Papua, Kalimantan, Maluku dan Jawa,” katanya saat ditemui di Universitas Islam Malang (Unisma), Kamis (28/12).

Jaka menambahkan, pengelolaan BI Corner tidak bisa dilakukan sendiri, sehingga memerlukan kerja sama dengan sejumlah kampus. Salah satu yang sudah diresmikan adalah BI Corner Unisma.

“Harapannya, kalangan mahasiswa atau akademisi bisa berdiskusi, bedah buku di BI Corner. Sekaligus diharapkan bisa memperkuat kualitas pembelajaran ekonomi dan perbankan di kampus. Bukan itu saja, harapannya mahasiswa juga semakin cinta dengan rupiah,” tutupnya

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unisma, Prof Dr Masykuri, BI Corner semakin melengkapi sarana belajar di Unisma. BI Corner dilengkapi dengan LCD, buku referensi tentang perbankan. Semuanya dikemas sedemikian rupa, sehingga pojok ruangan yang berlokasi di perpustakaan pusat Unisma itu nyaman dan menunjang proses belajar mahasiswa.