Detail Cantuman Kembali

XML

Perancangan alat penghancur sampah rumah tangga (organik) dengan kapasitas sampai dengan 50 kg/jam


Saatinisampahorganiktelahmenjadimasalah yang cukupseriusbagipencemarankhususnyabagipencemaranlingkungan. MenurutSudrajat (Wijayanti,2009:6), perkiraan volume produksisampahorganik rata-rata sekitar 0,5 kg/kapita /haridengankomposisisampahorganiksebanyak 2%, halini di karenakanbahan yang di gunakandalammasyarakatadalahbahanorganik.
Pengelolaansampahdiantaranyadapatdimanfaatkanmenjadikomposorganik yang didalamnyaterkandungunsurhara yang dibutuhkantanaman (PanjiNugroho, 2013).
Mesinpencacahsampahinidibuatsebagaialat bantu yang membantumasyarakatuntukmenanganimasalahsampah di lingkungansekitar. Dengan system kerja yang sederhana, memungkinkansetiap orang dapatmengoperasikannyatanpamerasakesulitan.
Dari hasilanalisis dan perhitungan dari perencanaan mesin dengan kapasitas 50 kg/jam tersebut maka didapatkan spesifikasi-spesifikasi dari tiap-tiap komponen yang terdapat dalam mesin tersebut, seperti motor listrik yang digunakan adalah 1 HP, jumlah pisau 4 buah dengan tebal masin-masing 2 mm, puli motor 75 mm dan puli poros 262,5 mm, untuk bahan poros menggunakan S 30 C berdiameter 40 mm. Untuk belt menggunakan V belt type A no.52. Bantalan yang digunakanadalahjenisbantalanpelurudengabentuk bola dengannomorseri 6208. Untuk dimensi alat tersebut adalah panjang 450 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 850 mm.


Kata Kunci: Sampah organik, mesin pencacah, kapaitas 50 kg/jam, motor listrik

Wibowo, Adi - Personal Name
SKR SME0016 WIB p 2017
SME0016
Media Cetak
Indonesia
Fakultas Teknik Univeritas Islam Malang
2017
Malang
xviii,69hlm.;30cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...